Human Resource Management (Sesi 11)

Dibuatnya summary ini guna untuk melengkap absen pada sesi ke-11.

Nama : Firlen Kusuma

NIM : 01041170124

Dalam melakukan sebuah perekrutan, oleh bagian Human Resource dibutuhkan proses sebelum mendapatkan orang-orang yang pantas duduk di kursi perusahaan tersebut. Dalam bagian perekrutan terdapat beberapa proses, seperti :

  1. Human resource planning (Recruitment, Selecting, Hiring, Training, Induction, Orientation, Evaluation, Promotion and Layoff).
  2. Employee remuneration and Benefits Administration
  3. Performance Management.
  4. Employee Relations.

Penjelasan :

  1. Recruitment atau perekrutan – Melihat orang-orang yang cocok dengan kriteria pekerjaan yang ada.
  2. Selection atau pemilihan – Memilih dan menfilter orang-orang yang sesuai dengan kualifkasi yang ada dan memiliki potensi yang baik.
  3. Hiring – Memutuskan siapa yang berhak untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.
  4. Training and development atau masa percobaan – Melihat kinerja setiap pekerja untuk menunjukkan skills yang ia miliki.
  5. Ciri-ciri pegawai yang kompeten

Dalam setiap perusahaan pasti menginginkan untuk memiliki pegawai yang baik dan sesuai dengan standart perusahaan agar menimbulkan image yang baik untuk perusahaan yang bersangkutan sehingga akan menumbuhkan rasa percaya kepada setiap masyarakat dan kepada setiap karyawan. Dan ciri pegawai yang kompeten, seperti :

  • Ulet

Seorang pegawai yang baik adalah seorang yang ulet, atau memiliki keinginan yang kuat dan pantang menyerah terhadap apapun yang terjadi. Dengan menjadi pegawai yang ulet maka akan menjadikan pegawai yang berdedikasi baik untuk perusahaan tersebut.

  • Tekun

Menjadi seorang pegawai maka harus menjadi pegawai yang tekun dalam melakukan segala sesuatu tidak setengah-setengah agar mendapatkan hasil yang memuaskan dalam pekerjaannya.

  • Inovatif

Seorang pegawai yang baik akan selalu menemukan inovasi-inovasi yang baik untuk perusahaannya. Seperti menemukan hal-hal yang baru agar meningkatkan kinerja perusahaan tersebut.

  • Jujur

Perusahaan membutuhkan orang yang jujur dalam melakukan pekerjaannya sehingga tidak merugikan perusahaan dengan perilaku orang tersebut

Jika seorang karyawan yang dimiliki oleh sebuah perusahaan memiliki sifat yang kompeten seperti apa yang di sebutkan, maka kegiatan dalam perusahaan akan berjalan dengan sangat baik dan akan memberikan dampak yang baik untuk perusahan tersebut dan mungkin akan memberikan keuntungan untuk perusahaan tersebut.

Dan dalam melakukan perekrutan, seorang HR selain memperhatikan sifat pegawai yang kompeten, seorang HR harus memperhatikan 7C dalam melakukan perekrutannya. Dalam 7C ini meliputi banyak hal seperti :

  • Capability

Melihat pribadi orang tersebut dimana ia memiliki kemampuan dasar untuk melakukan pekerjaannya. Hal ini berkaitan dengan system berfikir, kecerdasan atau adanya skills.

  • Capacity

Seorang pegawai menggunakan kapasitas maksimalnya dalam melakukan sebuah pekerjaan, dan memiliki keahlian dalam memecahkan masalah (Problem Solving Skill), dan dapat membuat jadwal yang baik untuk mengatur kegiatan yang ada.

  • Creativity

Seorang pegawai juga harus memiliki jiwa yang kreatif untuk memberikan ide-ide kreatif untuk perusahaan tersebut dengan memberikan ide-ide baru.

  • Character

Memperhatikan karakter setiap pegawai apakah ia memiliki karakter dan sopan santun yang baik ataupun tidak, hal tersebut dapat dilihat melalui bagaimana cara ia bertindak dalam menghadapi sebuah masalah.

  • Credibility

Memperlihatkan kredibilitas pegawai tersebut dengan menunjukkan kejujuran, integritas sehingga calon karyawan tersebut dapat memunculkan rasa percaya agar di percaya dalam melakukan tanggung jawab pekerjaannya.

  • Commitment

Pegawai menunjukkan komitmen yang jelas untuk apa ia bekerja dengan komitmen untuk melakukan setiap tugas yang ada.

  • Compatibility

Pegawai kompatibilitas dengan menunukkan kepatuhan, kecocokan dengan budaya perusahaan yang ada atau dapat menyesuaikan diri dengan baik dengan peraturan-peraturan perusahaan yang ada.

Sumber : 

http://manajemen-sdm.com/kompetensi-sdm/ciri-sdm-berkualitas-seperti-apa/

7 Kriteria Dasar Memilih Calon Karyawan (7C)

Terima Kasih

Firlen Kusuma – 29 November 2017

Leave a comment